Latest Updates

Perbedaan antara RAM ECC dan Non ECC

RAM ( Random Accesses Memory) merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah komputer. RAM merupakan memori tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Semakin tinggi ram yang di gunakan maka semakin cepat pemrosesan data pada komputer (tak lupa processor juga berperan). RAM memiliki 2 tipe yaitu ECC dan non ECC. Apa Perbedaan antara RAM ECC dan RAM Non ECC?

Pengertian ECC MemoryECC (Error-correcting code) Memory merupakan type RAM yang bisa mendeteksi serta mem-perbaiki error / kesalahan yang terjadi pada memory internal sebab adanya data yang corrupt saat sistem sedang beroperasi.
Pada komputer yang memakai RAM non-ECC, ketika tersedia bit data yang corupt pada memory serta selanjutnya bit tersebut tereksekusi, maka system akan mengalami blue screen of death (BSOD). Dampaknya apabila terjadi pada komputer server, maka server akan down.


Lain halnya dengan RAM yang sudah menggunakan ECC Memory, yang akan mendeteksi bit yang corupt dan memperbaikinya sehingga BSOD tidak akan terjadi. Pada setiap 8-bit data dalam RAM, terdapat tambahan bit data lagi yang memang sengaja digunakan untuk melakukan error checking dan melakukan error correction, itulah salah satu keunggulan ECC Memory pada RAM.

Cara mengetahui Perbedaan antara RAM ECC dan RAM Non ECC

Untuk membedakan RAM ECC dan non-ECC dapat dilakukan dengan menghitung jumlah chip memory yang berwarna hitam pada setiap modul RAM. ECC memory memiliki jumlah chip yang habis dibagi tiga atau lima.
Perbedaan Memori ECC dengan Non ECC
PC biasa belum bisa menggunakan teknologi ini, disamping penggunaannya harus didukung oleh motherboard dan processor yang sesuai, juga harganya yang cukup mahal, sekitar 2x harga ram biasa (non-ECC) serta menggunakan RAM ECC Memory ini, menurunkan kinerja system sekitar 2 persen. Tetapi, teknologi yang ada saat ini sudah sangat stabil, sehingga kesalahan memori jarang sekali terjadi.
Teknologi Error-correcting code atau ECC Memory ini memang dikhususkan untuk server yang membutuhkan stabilitas yang tinggi. RAM ECC Memory juga memiliki sebuah register. Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar yang umum digunakan pada server. Modul ECC Register biasanya memiliki sebuah IC tambahan dengan posisi horizontal (melintang) pada PCB (Printed Circuit Board)-nya. IC ini berfungsi sebagai register, yaitu menahan satu clock-cycle data sebelum dikirimkan ke Motherboard. Itulah sedikit penjelasan tentang ECC Memory.
Souce : http://www.bsierad.com/
Kunjungi juga video kreatif edu :

0 Response to "Perbedaan antara RAM ECC dan Non ECC"

Post a Comment

ADSENSE GOOGLE.

FLAG COUNTER VISITOR

Flag Counter